Minggu, 09 Mei 2010

Respon Budaya Atas Perkembangan Teknologi

Perubahan sosial yang dijelaskan pada “TIK dan Spektrum Perubahan sosial” menunjukan bagaimana inovasi tidak hanya mendorong perubahan tapi juga memengaruhi perilaku, budaya dan institusi di masyarakat. Perubahan sosial menunjukkan adanya inovasi berupa suatu gagasan, teknik, atau benda yang disadari dan diterima oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Sedangkan difusi adalah suatu proses dimana suatu inovasi dikomunikasikan melalui suatu saluran kepada anggota suatu sistem sosial pada waktu tertentu .
Dalam kaitannya dengan inovasi internet yang masih relatif baru, dibutuhkan informasi dalam mengurangi ketidakpastian dari hasil inovasi tersebut. sikap dianggap sebagai sebuah akumulasi informasi tentang sesuatu objek, orang, situasi, atau pengalaman. Jadi perubahan sikap terjadi karena informasi memberikan tambahan pada sikap atau karena ia mengubah penilaian seseorang tentang bobot atau valensi dari informasi lain. Tahap pembentukan sikap dalam proses keputusan inovasi dipengaruhi oleh pengetahuan, persepsi, dan saluran komunikasi.


Internet merupakan salah satu bentuk teknologi komunikasi dan informasi. Teknologi ini merupakan konvergensi media informasi generasi sebelumnya. Salah satu faktor pembentukan sikap optimis atau pesimis individu terhadap internet ditentukan oleh sikap terhadap teknologi informasi sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa responden yang pernah memperoleh pendidikan/ pelatihan formal di bidang komputer dan juga memiliki teknologi ini di rumah kemungkinan besar berdampak pada derajat penggunaan teknologi informasi yang lebih tinggi.
Dalam era informasi seperti sekarang ini, ciri masyarakat informasi paling tidak mencakup perekonomian informasi dengan struktur ekonomi yang dimotori oleh sektor informasi yang saling dihubungkan dengan sistem komunikasi global, ditunjang oleh prasarana jalan raya informasi dan dukungan teknologi.
Masyarakat informasi ini berdampak pada kalangan pendidik (dosen). Mereka terlibat dalam proses produksi, pengolahan, dan distribusi informasi. Di samping itu kecepatan, keakuratan, aktualitas, dan kuantitas yang besar serta kemudahan dalam komunikasi menjadi tuntutan yang penting untuk meraih prestasi kerja mereka. Kehadiran teknologi internet menawarkan kemampuan untuk memuaskan kemampuan yang dibutuhkan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar